Langsung ke konten utama

Pentingnya Keberadaan UKS di Sekolah



Meskipun orang tua selalu menguasahakan gaya hidup sehat, namun tentu penyakit bisa menyerang anak-anak kapan saja. Saat diantar ke sekolah anak terlihat sehat. Namun saat berada di sekolah, karena suatu sebab anak menjadi sakit, dalam kondisi fisik yang kurang prima, atau anak mengalami suatu musibah yang menyebabkan fisiknya terluka. Anak terserang penyakit atau terluka secara fisik saat tidak berada di rumah atau saat berada di sekolah, tentu bisa menjadi kekhawatiran tersendiri bagi orang tua.

Setiap sekolah pasti memiliki suatu usaha untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satunya adalah dengan menyediakan fasilitas UKS (Unit Kesehatan Sekolah).   Tujuan diselenggarakannya program UKS, secara umum adalah untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik serta menciptakan lingkungan sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan anak yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya. Sedangkan tujuan khusus untuk memupuk kebiasaan hidup sehat dan meningkatkan derajat kesehatan peserta didik yang mencakup :

1. Penurunan angka kesakitan anak sekolah.
2. Peningkatan kesehatan peserta didik (fisik, mental, sosial)
3. Agar peserta didik memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip-prinsip hidup sehat serta berpartisipasi aktif dalam usaha peningkatan kesehatan di sekolah.
4. Meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan terhadap anak sekolah.
5. Meningkatkan daya tangkal dan daya hayat terhadap pengaruh buruk narkotika, rokok, alkohol dan obat-obatan berbahaya lainnya.

Untuk bisa mencapai derajat kesehatan yang baik bagi peserta didik, sekolah perlu mengadakan beberapa program di bawah ini:

- Pembinaan sarana keteladanan gizi, seperti kantin sekolah.
- Pembinaan sarana keteladanan lingkungan, seperti pemeliharaan dan pengawasan pengelolaan sampah, SPAL, WC dan kamar mandi, kebersihan kantin sekolah, ruang UKS dan ruang kelas,  usaha mencegah pengendalian vektor penyakit.
- Pembinaan personal higiene peserta didik dengan pemeriksaan rutin kebersihan kuku, telinga, rambut, gigi, serta dengan mengajarkan cara gosok gigi yang benar.
- Pengembangan kemampuan peserta didik untuk berperan aktif dalam pelayanan kesehatan antara lain dalam bentuk kader kesehatan sekolah dan dokter kecil
- Penjaringan kesehatan peserta didik baru
- Pemeriksaan kesehatan secara periodik
- Imunisasi, pengawasan sanitasi air, usaha P3K di sekolah



KinderStation adalah sekolah yang sangat memperhatikan pentingnya keberadaan UKS di sekolah. Tidak hanya sebagai sarana untuk menangani anak-anak sakit atau mengalami kecelakaan di sekolah, KinderStation juga memiliki program-program yang penting guna terjaminnya kesehatan anak yang selalu prima, terutama saat anak berada di sekolah. Program-program di bawah ini merupakan beberapa hal yang menjadi perhatian dari UKS KinderSation School.



Kantin yang higienis
Produk makanan yang disediakan di kantin sekolah KinderStation adalah produk makanan yang bersih, bebas kuman, dan tidak mengandung banyak bahan kimia berbahaya. Kinder Station juga menyediakan tempat makan yang bersih, bebas lalat, dan bebas kuman. KinderStation selalu berupaya agar anak tidak terserang penyakit, terutama melalui makanan, saat anak berada di sekolah.

Toilet yang higienis
Keberadaan cleaning service sangat penting di sekolah, terutama sebagai pihak yang bertanggung jawab agar terciptanya toilet yang bersih dan bebas kuman. Petugas cleaning service akan rajin mengecek keadaan toilet di sekolah dan akan secepatnya dibersihkan bila keadaan toilet kurang bersih. Hal ini juga adalah sebagai bentuk usaha dari pihak sekolah, agar anak-anak nyaman saat berada di sekolah.

Pemeriksaan kesehatan secara rutin
KinderStation selalu mengadakan pemeriksaan kesehatan badan peserta didiksecara rutin. Guru kelas secara rutin mengadakan pemeriksaan kuku, telinga, gigi, dan rambut. Hal ini berguna untuk mencegah penularan penyakit antara satu peserta didik dengan perserta didik lainnya. Salah satu program menarik lainnya adalah dengan mendatangkan seorang dokter spesialis, yang secara khusus didatangkan oleh pihak sekolah, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi anak-anak didik. Salah satunya adalah melakukan pemeriksaan gigi bagi peserta didik.

Melakukan program imunisasi secara rutin
KinderStation juga akan melakukan imunisasi secara rutin. Imunisasi yang wajib diberikan saat anak menginjak usia SD adalah imunisasi campak, Difteri Tetanus (DT), dan Tetanus Toksoid (TT).  Imunisasi sangat penting untuk memberikan kekebalan kepada anak, agar tubuh tidak mudah terserang penyakit sesuai dengan manfaat imunisasi yang diberikan.

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)
Kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. KinderStation menyediakan tas P3K di setiap kelas. Hal ini sangat penting agar anak-anak yang mengalami kecelakaan di kelas atau sekolah, bisa diberikan pertolongan secara cepat dan efektif.

Kesehatan tubuh anak memang sangat perlu diperhatikan, baik di rumah maupun di sekolah. Dengan kondisi fisik yang prima, anak-anak pun akan semakin mampu untuk mengembangkan diri mereka  denan lebih baik. Perlu adanya komunikasi yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua, sehingga setiap permasalahan kesehatan yang dialami anak bisa diatasi sesegera mungkin. KinderSation, sebagai sekolah yang sangat peduli akan kesehatan anak sangat memperhatikan hal ini.

Sumber gambar: tribunnews.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Ciri Sekolah Aman dan Ramah Anak

Setiap awal tahun ajaran, banyak orang tua mencarikan sekolah yang baik untuk buah hati mereka. Selaku kepala sekolah, pertanyaan yang sering didengarkan oleh Mr. Koko, selaku kepala Sekolah SD Kinderstation, dan datang dari orang calon anak didik adalah perihal apakah SD Kinderstation benar-benar bisa menjadi sekolah yang ramah anak atau tempat yang aman dan nyaman bagi buah hati mereka untuk belajar dan bertumbuh. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu orang tua pahami perihal ciri-ciri sekolah yang ramah anak. 1.  Guru yang peka terhadap keadaan kelas dan anak didik Setiap guru, baik guru kelas dan guru mata pelajaran harus memiliki kepekaan yang baik perihal keadaan kelas dan anak didik. Misalnya ada kejadian dimana ada anak didik yang biasnya terlihat banyak bicara, namun tiba-tiba menjadi pendiam. Guru yang baik akan menganggap bahwa situasi ini adalah situasi yang harus segera di atasi. Meskipun hal ini terlihat “biasa saja” atau bukan suatu kasus yang serius, namun

Keistimewaan “Hands On Learning” Dalam Pembelajaran di Sekolah

Hands On Learning adalah suatu metode pembelajaran yang memungkinkan anak untuk menggunakan tangannya sendiri. Dalam proses pembelajaran ini, tangan tidak hanya diam saja. Tangan perlu melakukan sesuatu atau bekerja. Dalam arti lain, dalam proses pembelajaran perlu adanya suatu kegiatan praktek atau praktikum. Kata lain dari “hands-on learning” adalah “learning by doing”.

Inilah Alasan SD Kinderstation Menjadi Pilihan Orang Tua Menyekolahkan Anak

SD Kinderstation adalah sekolah yang terletak Jl. KH. Muhdi, Corongan, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Setiap guru di SD Kinderstation wajib mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris, baik lisan maupun terltulis. Semua guru di SD Kinderstation minimal adalah seorang sarjana S1 dari berbagai bidang studi. Buku-buku yang digunakan di sekolah ini diterbitkan oleh penerbit-penerbit yang terpercara. Variasi Aktivitas Pengembangan Diri Anak Untuk mengembangkan ketrampilan dan talenta siswa, Kinderstation membuka 2 kegiatan di luar mata pelajaran wajib sekolah,  yaitu kegiatan intrakurikuler  (dilakukan pada saat jam pelajaran sekolah) dan ektrakulikuler (dilakukan di luar jam pelajaran sekolah).  Kegiatan intrakulikuler di sekolah ini adalah: - Robotics - Bahasa Mandarin - Biola - Quark - Dance - Grammar Games - Reading - Art - Science Club - Renang Sedangkan untuk kegiatan ekstrakurikuler di Kinderstation  adalah: - Taekwindo - Bahasa Mandarin - Renang - Desain Grafi